Cara Merubah Pecahan Biasa Menjadi Persen (Per Seratus)

Dalam mengubah pecahan ke bentuk persen tidaklah sulit.
Namun dalam mengubahnya, kita harus tahu bagaimana cara yang mudah dan tepat.
Pada dasarnya persen merupakan bilangan pecahan, yaitu mempunyai pembilang dan penyebut. Hanya saja karena penyebut persen adalah selalu 100 maka disebut persen. Persen dilambangkan dengan %

Cara mudah mengubah pecahan biasa ke persen yaitu dengan mengubah penyebut menjadi 100, karena persen merupakan per seratus.

Contoh : Ubahlah pecahan berikut ke persen !

gambar foto Cara Mengubah Pecahan ke Persen dan sebaliknya - contoh soal mengubah persen

a. Agar 2 (penyebut) diubah menjadi 100, maka harus dikalikan dengan 50 sehingga pembilangpun juga harus dikalikan 50, Sehingga :

 

gambar foto Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Persen dan sebaliknya - contoh soal dan pembahasan mengubah persenb. Agar 4 (penyebut) diubah menjadi 100, maka harus dikalikan dengan 25 sehingga pembilangpun juga harus dikalikan 25 :

gambar foto Cara Mengubah Pecahan ke Persen dan sebaliknya - pecahan biasa ke persenc. Agar 8 (penyebut) diubah menjadi 100, maka harus dikalikan dengan 12,5 sehingga pembilangpun juga harus dikalikan 12,5 :

gambar foto Cara Mengubah Pecahan ke Persen dan sebaliknya - cara mudah pecahan biasa ke persenLain cara jika penyebut yang akan diubah menjadi persen tidak dapat diubah menjadi 100, misal :

gambar foto Cara Mengubah Pecahan ke Persen dan sebaliknya - contoh mengubah persenMaka penyelesainya dengan membagi 100 dengan 3 (penyebut

 

 

=> 100 : 3 = 33,3333..

Kemudian jika hasil pembagian tersebut dikalikan dengan pembilang menjadi

=> 33,3333.. x 1 =33, 333 ..

Biasanya untuk materi SD materi pecahan, dibulatkan menjadi dua angka dibelakang koma yaitu 33, 33

Sehingga :

gambar foto Cara Mengubah Pecahan ke Persen dan sebaliknya - contoh pecahan penyebut angka 3 diubah ke persen

Contoh lain :

Maka 100 : 7 = 14,2857143 Jika dibulatkan dua angka dibelakang koma menjadi 14,29

SehinggaSelain cara mengubah pecahan biasa menjadi persen. Kita harus tahu juga cara mengubah pecahan ke desimal. Supaya kita dapat menguasai operasi hitung pecahan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *